Rahasia Jahe untuk Kecantikan

bibit jahe merah

Jahe merupakan tanaman obat yang masyhur dan kerap digunakan di Indonesia. Karena pemanfaatannya yang beragam, konsumsi jahe sangatlah tinggi. Jahe selalu menjadi komoditas yang diincar di pasaran. Dari berbagai jenis jahe yang diburu, jenis jahe merahlah yang kini sedang naik daun. Begitu pun bibit jahe merah, kini banyak dicari untuk dibudidayakan.

Minuman yang terbuat dari susu yang dicampur dengan jahe geprek sangatlah lezat. Begitupun dengan kue jahe atau makanan lain yang dicampur dengan jahe sama enaknya. Rasanya yang khas dan efeknya yang hangat membikin jahe sebagai primadona. Namun, dibalik cita rasa yang khas dan manfaat yang berlimpah dari rimpang ajaib satu ini. Ternyata, jahe juga merupakan rempah yang sering digunakan sebagai bahan kecantikan alami.

Jahe bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk kecantikan. Jahe dapat dibikin masker wajah yang dapat menghasilkan kecantikan alami. Karena kandungannya yang baik jahe memang sangat direkomendasikan untuk kecantikan.

Guna merasakan khasiat dari jahe, Anda ada baiknya mencoba memanfaatkan rimpang-rimpangan ini di rumah. Jika Anda penasaran apa saja khasiat yang dimiliki jahe, di bawah ini adalah beberapa di antaranya:

Pemerah bibir

Orang biasa memerahkan bibir dengan memakai lipstik atau dengan teknik sulam. Namun, ternyata, ada bahan alami yang bisa membuat bibir terlihat merah atau merah muda. Bahan alami itu adalah jahe. Jika Anda ingin bibir dengan tampilan warna merah alami, pakailah jahe sebagai lip balm yang dikombinasikan dengan dadih dari susu. Buat campuran itu sebagai masker pada bibir Anda. Lalu, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih.

Jahe membantu mengangkat sel kulit mati di wajah

Anda mungkin hampir setiap hari memakai sabun muka, krim, atau masker wajah untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.  Namun, ternyata, jahe bisa dimanfaatkan untuk itu. Anda bisa mengandalkan jahe merah sebagai bahan utama masker wajah untuk pengangkatan sel kulit mati.

Caranya sangat mudah. Anda bisa memulainya dengan menyiapkan 4 sendok makan perasan jahe, 1 sendok makan irisan kulit jeruk, dan 1 sendok makan gara. Kemudian, Anda bisa mulai mengaduk ketiga bahan tersebut hingga rata. Lalu, pakai pada kulit wajah Anda secara merata dan biarkan selama 25 menit.

Setelah 25 menit, Anda bisa memulai membilas wajah dengan air dingin sampai bersih. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin dan teratur dua kali dalam satu minggu. Dengan begitu, masalah sel kulit mati pada wajah Anda seketika akan teratasi.

Mengatasi bintik hitam di wajah

Jika Anda memiliki masalah wajah, seperti noda hitam, mungkin itu akan sangat mengganggu penampilan Anda. Dengan noda atau bintik hitam tersebut, penampilan Anda tidak maksimal. Namun, melalui manfaat yang terkandung dalam jahe merah, Anda mulai bisa mengatasinya.

Masker yang dibuat dari jahe merah dapat menghilangkan bintik-bintik gelap tersebut. Memang dengan kandungan minyak atsiri yang ada pada jahe bisa membuat wajah Anda terasa panas saat menggunakannya, namun cara inilah yang sangat ampuh untuk membersihkan wajah.

Teknisanya begini: Anda bisa memarut jahe sesuai kebutuhan. Kemudian, masukkan parutan tersebut ke dalam wadah kecil yang berisikan air teh hijau. Lalu, basuh wajah dengan memberi sedikit gosokan kecil.

Membuat Masker Wajah dari Jahe

Siapa yang tak ingin memiliki kulit cerah, bersih, dan bercahaya? Semua orang mendambakannya. Oleh karenanya, banyak orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk melakukan perawatan.

Dengan beberapa khasiat yang telah disebut di atas, kita dapat tahu bahwa jahe memiliki manfaat untuk merawat kecantikan. Anda bisa memilih jahe sebagai alternatif untuk merawat kecantikan Anda.

Dilansir dari styleraze.com, rimpang pada jahe mengandung bermacam nutrisi yang sangat baik untuk kulit. Jahe memiliki sifat anti inflamasi, anti kanker, dan anti nyeri. Zat-zat yang terkandaung di dalam jahe dianggap mampu membuat kulit menjadi halus dan cerah secara maksimal.

Salah satu cara termudah memanfaatkan jahe untuk produk kecantikan adalah membuatnya menjadi masker. Tak sulit membuat masker dari jahe. Yang Anda perlukan hanyalah:

  • 1 rimpang jahe
  • 2 sendok makan minyak zaitun.

Pertama-tama, Anda perlu mencuci jahe hingga benar-benar bersih. Setelah bersih, jahe diparut. Campurkan parutan jahe itu dengan minyak zaitun hingga rata. Setelah itu, Anda bisa langsung menggunakannya sebagai masker wajah.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Seperti penggunaan masker pada umumnya, Anda hanya perlu mengoleskannya ke kulit secara merata. Sembari mengoleskan masker jahe di wajah,  ada baiknya Anda melakukan pijatan-pijatan lembut menggunakan jari. Setelah itu, diamkan kira-kira selama 10 – 15 menit.

Jika sudah 10 – 15 menit, Anda dapat membersihkannya dengan air hangat hingga bersih . Keringkan dengan handuk yang bersih. Agar kulit tak kering, setelah semuanya selesai, Anda bisa memakai pelembab alami seperti minyak zaitun atau air mawar.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya seminggu dua kali. Namun, jika waktu perawatan kulit menggunakan jahe ini membuat iritasi, maka hentikan perawatan ini. Bilas kulit dengan air bersih dan kompres kulit dengan air es. Artinya, kulit Anda tak cocok dengan perawatan jenis ini.

Seperti produk perawatan kulit lainnya, tak semua jenis kulit cocok dengan perawatan menggunakan jahe. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu jenis perawatan alami mana yang cocok untuk kulit Anda.

Untuk mendapatkan jahe, Anda bisa membelinya di pasaran. Namun, jika Anda tertarik untuk membudidayakannya sendiri, itu lebih baik. Apabila Anda tertarik untuk memulai budidaya jahe merah, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit jahe merah unggulan yang terpercaya.  Jika Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa dapat langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s