Mengenal jenis-jenis pupuk organik dan manfaatnya bagi budidaya jahe merah

bibit jahe merah, bibit jahe merah di jogja, bibit jahe magelang, budidaya jahe merah, cara budidaya jahe merah
budidaya jahe merah perlu pupuk organik

 

.

Sukses tidaknya budidaya jahe merah sangat ditentukan banyak factor, salah satunya adalah penggunaan pupuk organic yang tepat. Pupuk organic dalam hal ini terdiri dari tiga jenis yang akan dijelaskan di bawah berikut ini.

Pertama, pupuk hijau. Pupuk hijau merupakan pupuk yang berasal dari hijauan atau tanaman. Bagian yang diambil untuk dijadikan pupuk bisa berupa dedaunan, tangkai dan batang tertentu yang masih muda. Pupuk hijau yang cocok untuk dijadikan pupuk organic dalam budidaya jahe merah adalah daun trembesi, orok-orok, lumut dan ganggang.

Kedua, humus. Humus adalah lapisan tanah yang terjadi karena adanya proses pembusukan secara alami dari sisa tumbuhan. Sisa tumbuhan tersebut bisa berupa daun, akar, cabang dan batang. Semua bagian tumbuhan tersebut mengalami pembusukan yang dibantu oleh mikroorganisme pembusuk di dalam tanah dan cuaca di luar tanah.

Ketiga, pupuk kompos. Pupuk kompos adalah hasil pelapukan bahan-bahan berupa dedaunan, jerami, alang-alang, rumput, kotoran hewan sampah kota dan sebagainya. Nah, proses pelapukan dalam hal ini biasa disebut pengomposan.

Keempat, kotoran ternak atau pupuk kandang. Pupuk kandang ini adalah terdiri dari kotoran ternak berupa feses yang bercampur dengan sisa makanan ternak hewan maupun air kencingnya (urin). Urine hewan ternak semacam sapi memiliki kandungan nitrogen tinggi yang bermanfaat bagi kesuburan tanah.

Keempat pupuk organic tersebut bisa anda praktekkan dalam budidaya jahe merah. Keempat hal tersebut mengandung zat nitrogen, fosfor dan kalium yang sangat bermanfaat bagi kesuburan budidaya jahe merah. Namun, bila anda belum begitu faham tentang cara pembuatan pupuk organic bisa langsung membeli ke pedagang pupuk. Atau anda juga bisa memakai pupuk organic cair semacam pupuk Nasa sebagai penunjang kesuburan tanah anda.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s